Era dimana Selebgram dan Yutuber kian menjamur, masih layak-kah menggeluti dunia marketing online hanya bermodalkan tulisan?
Kunci online marketing adalah konten yang berkualitas. Video dan audio adalah metode online marketing yang paling efektif saat ini, jika 10 tahun yang lalu dimana kuota intenet masih menjadi barang mewah nan mahal, sekarang ini kuota internet tidak lagi menjadi hambatan untuk dipertimbangkan bagi orang yang ingin memmiliki akses lebih.
Terutama didunia pemasaran digital, ketatnya persaingan pasar membuat para pelaku usaha dibisnis ini sangat-sangat ketat, jika anda adalah selebgram atau youtuber yang sudah mempunyai ratusan ribu pengikut mungkin masih bisa saja mendapatkan pemasukan dari endorsan brand, tanpa perlu kuatir produk tersebut akan ada yang membeli atau tidak.
Namun bagi sebagian orang yang tidak punya medsos power seperti saya ini, berkencipung didunia marketing online harus dengan extra perjuangan, bukan hanya harus nebeng dengan cuplikan video para selebgram atau figure lain yang lebih familiar, kita juga dituntut meyuguhkan konten yang lebih menrik dari konten aslinya, kalo hanya menandaklkan kemampuan editing video saja kita mungkin tidak akan pernah bekembang.
Selain kemampuan editing video anda juga harus siap untuk menulis dengan baik. Kemampuan menulis yang baik merupakan keunggulan dalam hal marketing di media sosial dan juga mesin pencari (Search Engine).
Bukan hanya sebatas menulis deskripsi untuk konten-konten videografik yang sudah anda buat di platform media sosial seperti Instagram dan Youtube, belomba-lomba menulis deskripsi produk secara informatif pernah menjadi tren yang dilakukan para konten writer dizaman dulu loh untuk mendongkrang penjualan produk mereka secara online.
Media Racun Belanja
Pemasar online terbaik adalah ahli dalam menyebarkan berita tentang produk atau layanan mereka. Dedikasikan diri Anda untuk menyediakan konten yang luar biasa guna memberdayakan orang lain guna membantu Anda menyebarkan berita tentang bisnis Anda. Manfaatkan media apapun sebagai racun belanja bagi siapa saja yang mempunyai akses ke dunia Internet.
Mulailah belajar dengan menulis deskripsi yang menaraik dan belajar membuat hastag yang tepat untuk setiap konten yang anda publikasikan, saya tidak menyuruh anda untuk menjadi seorag expert SEO, tapi sebenarnya kita bis mulai dengan hal yang paling fundamental. Contoh yang paling banyak menjamur adalah endorsan dari produk kosmetik “Sceen Care Lokalan” misalnya.
Para selebgram yang menerima job endros dalam kategori ini umumnya hanya memaerkan “Nilai Jual sang Selebgram” tanpa lebih jauh mendeskripsikan kelebihan produk scencare itu sendiri, mari kita koreksi Lebih dalam :
Dalam Konten Video ; Selebgram pasti dong menunjukkan Poin Of Selling dari produk tersebut, Mencerahkan.. mengandung Vitamin.. Halal.. Murah..
Kita ambil konteks umumnya adalah 4 variabel diatas, sering kali akun medosos yang kebagian job sceencare seperti ini, akan meniru hastag dari orang lain yang juga pernah menerima endorsan yang sama, coba kita breakdown bersama-sama kekurangnya.
Dalam Deskrispi; mencerahkan dan mengandung Vitamin, disini harusnya dijelaskan juga aturan pakai yang bener seperti apa? Kapan pemakean produk harus dihentikan ketika ada tanda-tanda alergi, hal ini sangat-sangat penting kita sampaikan kepada para pengikut konten kita, tapi tidak harus kita yang posisinya lagi di endors menyampaikan hal ini pada durasi video, lebih baik masukan pada bagian deskripsi dengan tulisan yang tidak begitu mencolok.
Kemudian menganai halal dan Murah, utuk menambah kredebilitas produk, baiknya kita juga menyertakan No. Edar BPOM dari produk tersebut beserta Info Nomer Sertifikat halalnya, sehingga jika ada netizen iseng yang nyeletuk “Halal Tempelan” bisa mengecek sendiri secra online izin edar dan nomer sertifikat halal yang kamu cantukan di kolom deskrisi.
Miliki Blog Bisnis Sendir
Ketika anda sudah mencapai tahap rutin dapet job, pasti pernah juga menglami masa sepi kan? Nah manfaatkan waktu senggang anda untuk membangun landing Page yang bisa menjadi pijakan baru utuk bisnis dan penjualan produk anda atau klien anda.
Manfaatkan relasi anda untuk mendaptkan harga bersaing untuk dijual kembali, atau mintalah diskon khusus bagi pembeli yang checkout berkat affiliasi link yang berasal dari Blog bisnis anda sendir, bayangkan tanpa perlu memproduksi suatu konten Blog bisnis anda akan terus mengasilkan pasif income dari link afiliasi dan penjualan produk anda sendiri.
Blog bisnis Anda adalah salah satu rujukan terbaik untuk membuat orang lain melakuka transaksi online, Sebuah blog non formal dari seorang public figure adalah senjata pusaka dalam hal marketing online. Anda memiliki kekuatan untuk membuat industri Anda menarik bagi pembaca Anda melalui tulisan percakapan. Blog ini bukan tentang Anda. Ini tentang memberikan nilai bagi pelanggan Anda. Jika Anda menawarkan konten yang luar biasa dan komentar industri reguler, orang cenderung menautkannya, meningkatkan popularitas tautan situs Anda. Ingat, reviewnya bagus.
Contoh Praktis: Saat Anda membuat blog, dan status social anda adalah seorang selbgram atau reviewer Youtube. Orang-orang akan lebih suka membeli dari orang seperti anda daripada membeli langsung ke Market Place. Berikan konten yang berharga kepada pengunjung Anda, dan mereka akan menyebarkan berita. Jika Anda memiliki blog tentang memancing, pembaca Anda lebih cenderung membeli dari Anda daripada bisnis lain yang hanya mencantumkan peralatan memancing di situs mereka. Selain menjadi pelanggan, mereka akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain, pada intinya menjadi tenaga penjualan eksternal Anda yang tidak dibayar.
Belajar Menulis Artikel
Anda dapat secara signifikan meningkatkan visibilitas Anda ketika Anda menulis artikel di bidang keahlian Anda. Pastikan artikel Anda informatif. Jangan buang waktu siapa pun dengan iklan yang disamarkan sebagai artikel. Kunci sukses menulis artikel adalah memberikan nilai. Orang-orang akan memperhatikan ketika Anda memiliki sesuatu yang berharga untuk dikatakan.
Barang-barang yang dianggap berharga adalah; diposting di direktori artikel; dikirim melalui email dalam buletin, disematkan di situs e-niaga. Dalam kebanyakan kasus, penulis menerima tautan ke situs webnya. Tautan membantu dalam beberapa cara. Satu, mereka menghasilkan lalu lintas ke situs.
Kedua, tautan membantu meningkatkan hasil mesin telusur Anda. Semakin banyak tautan yang Anda miliki yang mengarah ke situs Anda, semakin baik. Mesin pencari melihat tautan ke situs Anda sebagai mosi percaya. Semakin banyak tautan yang Anda tunjuk ke situs Anda, semakin bernilai situs web Anda.
Anda dapat menghubungi situs web yang mungkin mendapat manfaat dari artikel Anda, dan menawarkan artikel Anda. Minta saja tautan ke situs web Anda dan deskripsi satu baris tentang apa yang Anda tawarkan disertakan dengan artikel. Artikel menawarkan pendekatan "viral" efektif yang dapat menghasilkan ratusan, atau bahkan ribuan, tautan ke situs Anda dari waktu ke waktu.
Contoh Praktis: Saat Anda menjadi penulis artikel yang produktif terkait dengan layanan Anda, Anda membangun reputasi. Melalui artikel Anda, Anda memungkinkan pelanggan Anda untuk menemukan situs web Anda secara tidak langsung. Pemilik bisnis mungkin menemukan salah satu artikel Anda saat mencari saran online marketing. Setelah dia membaca artikel Anda, dia mungkin mengklik link ke situs Anda dari dalam byline. Karena Anda telah memberinya nilai, kemungkinan besar dia akan menjadi pelanggan.