Salah satu kepercayaan populer adalah Anda membutuhkan banyak pengalaman, keahlian, dan pengetahuan untuk memulai bisnis. Yang benar justru sebaliknya. Meskipun membantu untuk pergi ke sekolah dan mempelajari trik-trik perdagangan, itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat memulai bisnis karena Anda tidak memiliki gelar. Hal penting yang harus diingat adalah, Anda perlu meneliti, mengajukan pertanyaan yang tepat, dan mendapatkan saran terbaik yang Anda bisa.
Pertanyaan apa yang tepat untuk ditanyakan? Di bawah ini adalah sepuluh pertanyaan untuk ditanyakan untuk Anda mulai. Tentu saja akan ada lebih banyak lagi saat Anda pergi, tetapi setidaknya Anda memiliki sesuatu untuk memulai. Pertama, Anda harus bertanya pada diri sendiri, bagaimana Anda memulai bisnis tanpa pengalaman? Selanjutnya, apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memulai? Pertanyaan ketiga adalah, masalah hukum apa yang harus Anda ketahui untuk memulai? Keempat, apa yang perlu Anda ketahui tentang audiens target Anda?
Ke depan, lima adalah, bagaimana Anda berkomitmen pada solusi pasar, bukan hanya ide kecil? Nomor enam adalah, bagaimana Anda memilih industri Anda dengan bijak? Seven bertanya bagaimana Anda membangun kredibilitas jalanan (juga apa itu)? Delapan adalah sumber daya gratis apa yang dapat Anda andalkan? Sembilan adalah kapan Anda tahu bahwa Anda perlu melihat bantuan dari luar? Terakhir, nomor sepuluh adalah bagaimana Anda menggunakan kekuatan Anda? Di bawah ini saya membahas lebih detail dengan pertanyaan-pertanyaan ini.
Bagaimana Memulai Bisnis Tanpa Pengalaman?
Pikirkan tentang apa yang sudah Anda ketahui tentang bisnis. Gunakan pengalaman kerja Anda sebagai panduan. Mungkin ada hal-hal yang pernah Anda saksikan atau sadari yang ternyata bukan bagian dari tugas harian Anda yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda. Misalnya, pernahkah Anda mendengarkan apa yang dikatakan orang lain saat Anda berada di kantor? Apakah Anda mendengarkan rekan kerja atau supervisor berbicara di tempat kerja, kemungkinan besar ada beberapa hal tentang melakukan bisnis yang telah Anda pelajari.
Anda bahkan mungkin tidak menyadari beberapa hal yang Anda pelajari tentang berbisnis. Mungkin Anda pernah mendengar keluhan tentang apa yang salah di tempat kerja - sesuatu yang mungkin Anda punya solusinya. Atau mungkin Anda mendengar seseorang berkata, "Saya berharap 'itu' bisa dilakukan dengan cara ini"; meskipun "itu" dapat dilakukan dengan cara mereka, mereka mungkin telah diberitahu bahwa mereka tidak diizinkan
Apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memulai?
Riset adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Pertama, ajukan pertanyaan yang tepat. Ini semua adalah bagian dari proses penelitian. Anda dapat meneliti pertanyaan-pertanyaan yang perlu Anda jawab jika Anda tidak tahu pertanyaan apa yang harus diajukan. Tidak apa-apa mencari di Google atau Bing dan dengan cepat mencari pertanyaan penting untuk ditanyakan saat memulai bisnis.
Ada banyak sumber daya di Internet atau perpustakaan lokal Anda yang dapat Anda gunakan untuk memulai. Namun, pastikan sumber Anda dapat diandalkan. Jika Anda membaca sebuah artikel dan Anda dapat merasakan bahwa informasinya benar-benar keterlaluan, Anda dapat menyimpulkan dengan cepat bahwa itu mungkin bukan sumber yang tepat untuk digunakan.
Namun, saat membaca artikel apa pun, buatlah catatan tentang poin-poin berbeda yang dibuatnya. Apa pun yang jelas dan dapat dipahami baik-baik saja, tetapi apa pun yang Anda tidak mengerti, ambillah poin itu dan lakukan lebih banyak penelitian tentang itu. Lihat apakah yang tertulis juga dikatakan oleh tempat lain. Terkadang meminta beberapa orang mengatakan hal yang sama atau serupa dapat memberi Anda indikasi bahwa informasi tersebut mungkin perlu diingat.
Hal lain yang Anda perlukan untuk memulai adalah nasihat hukum. Jangan pernah berasumsi bahwa apa yang Anda pelajari di tempat Anda bekerja atau apa yang menurut Anda baik-baik saja adalah legal. Mulailah dengan langkah yang benar dan lakukan bisnis sesuai dengan hukum. Anda ingin menghindari menjadi orang yang melakukan sesuatu yang ilegal dan sekarang memiliki reputasi seperti itu terpampang di seluruh World Wide Web.
Apa masalah hukum yang harus Anda ketahui untuk memulai?
Tidak mungkin mengetahui segalanya tentang hukum. Bicaralah dengan pengacara jika mereka memberikan konsultasi gratis dan tanyakan apa yang harus Anda ketahui. Etika juga berperan di sini. Ada banyak area abu-abu yang lazim dalam etika. Misalnya, apa yang Anda sampaikan kepada pelanggan jika Anda menjanjikan mereka pengiriman pada tanggal tertentu meskipun Anda sudah tahu ada kemungkinan tidak dapat dipenuhi? Anda sudah menjanjikannya, tetapi Anda tahu itu mungkin tidak akan terjadi.
Jika Anda mengatakan akan melakukan sesuatu, Anda harus melakukannya. Itu adalah garis bawah. Berikan produk berkualitas kepada pelanggan Anda tepat waktu. Jangan selalu terburu-buru menyelesaikan pekerjaan. Terkadang ada saat-saat Anda harus terburu-buru, namun jangan sampai terjadi jika memang tidak perlu. Sebagian besar, satu-satunya saat Anda perlu terburu-buru adalah ketika pelanggan memintanya.
Apa yang perlu Anda ketahui tentang audiens target Anda?
Apa minat mereka? Lakukan riset dan lihat apakah ada minat umum atau umum yang dimiliki audiens target. Jika Anda sudah mengenal mereka atau mengetahui minat mereka, maka Anda berada di depan permainan. Tentu saja, karena Anda adalah ahli di bidang Anda, atau seharusnya, Anda sudah tahu banyak tentang minat mereka.
Anda juga bisa melakukan riset di media sosial untuk mengetahui minat mereka. Facebook memiliki grup dan begitu pula Twitter. Temukan grup yang terkait dengan niche Anda dan amati untuk melihat apa yang dibicarakan orang. Gunakan ini sebagai saran tentang jenis produk atau layanan apa yang juga akan dipasarkan.
Saran terbaik untuk menggunakan grup media sosial untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens target Anda adalah dengan tidak bergabung dengan grup mana pun dan memposting di sana menanyakan semua jenis pertanyaan. Misalnya, Anda tidak ingin bergabung dengan suatu grup dan kemudian meminta semua orang untuk memberikan pendapat mereka tentang game atau gadget favorit mereka. Amati saja dulu, dan kemudian terlibat dalam percakapan seperti yang Anda lakukan dengan seorang teman. Kenali orang-orang terlebih dahulu, lalu ajukan pertanyaan di sana-sini. Ini semua tentang kesabaran.
Bagaimana Anda berkomitmen pada solusi pasar, bukan hanya ide kecil?
Anda perlu bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan tertentu sebelum mencoba sebuah ide untuk melihat apakah itu berhasil. Masalah apa yang dimiliki pasar sasaran Anda? Setelah Anda dapat menentukan masalahnya, Anda dapat mencari solusinya. Kemungkinan besar, Anda tidak akan menemukan pasar apa pun tanpa kesalahan. Ada banyak masalah yang perlu diselesaikan. Bahkan persaingan tidak dapat menyelesaikan setiap masalah di luar sana.
Banyak pengusaha memulai dengan banyak pengalaman "domain yang kuat" tetapi sedikit atau tanpa pengalaman bisnis. Berada dalam bisnis adalah tentang menemukan solusi. Itulah yang membedakan bisnis yang kuat dari yang lain. Anda tidak ingin menjual apa saja karena Anda mengamati bahwa hal itu membuat orang lain mendapat untung besar.
Anda harus memiliki hasrat untuk satu hal, dan Anda ingin memberi mereka sesuatu yang akan menyelesaikan masalah yang mungkin mereka miliki. Masalah ini bisa berasal dari sesuatu yang mereka beli di tempat lain, atau bisa menjadi masalah yang mereka miliki untuk jangka waktu tertentu dan membutuhkan solusi untuk itu. Bahkan mungkin tidak ada masalah, jadi mungkin itu hanya untuk membedakan produk Anda dari yang lain.
Bagaimana Anda memilih industri Anda dengan bijak?
Pilih sesuatu yang tidak hanya menarik minat pasar sasaran Anda. Anda juga harus tertarik padanya. Lebih dari sekedar minat kecil, Anda perlu menyukai produk atau layanan yang ada di pasaran. Jika Anda tidak menyukai produk atau layanan yang ditawarkan pasar, bagaimana perasaan Anda saat berbisnis dengan orang-orang yang tertarik padanya?
Menurut saya, Anda tidak akan tampak terlalu antusias kepada pelanggan dan calon pelanggan Anda. Orang-orang akan menyadari hal itu dan itu dapat memutuskan hubungan bisnis yang telah Anda buat dengan susah payah. Jadi tolong bantulah diri Anda sendiri dan jangan terjebak dalam industri yang tidak Anda sukai.
Bagaimana Anda membangun kredibilitas jalanan (singkatnya kredibilitas)?
Anda perlu memberi tahu orang lain siapa Anda. Ini berkaitan dengan membangun hubungan dengan pelanggan Anda, dan karena Anda baru dalam bisnis ini, Anda akan membangun hubungan dengan pelanggan potensial. Luangkan waktu sebelum meluncurkan ide bisnis besar Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri Anda dan orang-orang yang menghabiskan uang di sana.
Anda selalu dapat mencoba menjual produk orang lain terlebih dahulu - sebagai pemasar afiliasi dan mempelajari sesuatu yang baru tentang produk yang Anda jual kepada mereka. Ketika Anda memiliki cukup pengetahuan dan Anda berbicara tentang produk secara online (seperti di blog Anda), ini akan membantu membangun kredibilitas jalanan karena orang yang membacanya akan merasa Anda tahu apa yang Anda bicarakan.
Sumber daya gratis apa yang dapat Anda andalkan?
Jaringan adalah sumber daya gratis yang hebat. Berbicara dengan orang lain di industri dan mempelajari hal-hal baru tentangnya akan menguntungkan Anda. Anda juga harus meminta nasihat. Namun, sebelum Anda langsung masuk dan mulai meminta nasihat, pecahkan kebekuan dengan obrolan ringan terlebih dahulu. Kenali beberapa orang sebelum mengajukan banyak pertanyaan bisnis.
Nyatanya, Anda bisa memperlakukan ini lebih seperti tamasya sosial karena Anda tidak ingin hanya mencoba mendapatkan informasi dari orang-orang. Ini mungkin benar-benar mematikannya dan mereka tidak ingin memberi Anda informasi apa pun.
Selain jaringan, Anda juga dapat mempertimbangkan sumber daya yang berbiaya rendah alih-alih gratis. Terkadang Universitas menawarkan kursus, buku, atau seminar gratis atau berbiaya rendah. Saya pasti akan memeriksa ini jika Anda tidak yakin bagaimana cara membuat jaringan. Di sinilah Anda dapat mengajukan banyak pertanyaan karena itulah yang didorong di sekolah.
Kapan Anda tahu bahwa Anda perlu mencari bantuan dari luar?
Seperti yang harus Anda sadari, Anda akan membutuhkan rencana bisnis. Saat membuat rencana bisnis Anda, yang terbaik adalah selalu meminta bantuan. Misalnya, seorang pria bernama Evan Solida mendirikan perusahaan bernama Cerevellum pada awal 2009. Penemuannya adalah kaca spion digital untuk sepeda.
Tentu saja, Tuan Solida ingin menghemat uang dengan cara apa pun yang dia bisa, jadi dia menggunakan sumber daya Internet untuk membuat rencananya dan juga membuat draf dokumen hukumnya. Dengan banyak frustrasi dan penggunaan banyak waktunya, dia kemudian memutuskan akan lebih baik untuk membayar seorang profesional untuk membantu dengan kedua tugas tersebut.
Rencana bisnis harus memenuhi kriteria tertentu; terutama jika ini adalah bisnis yang Anda butuhkan untuk mendapatkan hibah atau pinjaman kecil. Bank dan lembaga yang menyetujui hibah ingin melihat rencana yang kokoh sebelum mereka mengambil risiko untuk meminjamkan atau memberi Anda uang. Sama halnya ketika Anda atau orang lain akan berinvestasi di sebuah perusahaan. Anda ingin melihat laporan tahunan mereka, yang memberi Anda informasi ini dan banyak lagi.
Anda tahu bahwa berinvestasi di perusahaan mana pun adalah sebuah risiko, tetapi Anda tidak ingin mengambil terlalu banyak risiko. Anda juga tidak ingin mengambil risiko bahwa rencana bisnis Anda berkualitas buruk. Bukan hanya demi pelanggan Anda, tetapi untuk masa depan bisnis Anda. Semua keuangan dan pemasaran perlu diurus sejak awal. Jika tidak, Anda harus mundur ke belakang dan itu akan membuang banyak waktu berharga yang dapat Anda keluarkan untuk menghasilkan uang.
Bagaimana Anda menggunakan kekuatan Anda?
Pikirkan tentang apa kekuatan Anda sebenarnya. Apakah merencanakan bisnis, memberikan ide-ide kreatif, atau menjadi pencari solusi? Mungkin kekuatan Anda adalah pemasaran, tetapi apa pun kekuatan Anda, manfaatkan itu untuk Anda. Kerjakan kekuatannya terlebih dahulu dan setelah Anda menguasainya, Anda dapat beralih ke yang lain. Jika tidak, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menjalankan semuanya dengan lancar.
Menyatukan bisnis membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan mencoba menyatukannya terlalu cepat. Anda ingin fokus dan terorganisir, karena ini akan membantu Anda menjadi "terencana dengan baik". Bisnis dengan rencana yang kuat lebih mungkin berhasil daripada sesuatu yang baru saja Anda gabungkan dalam satu jam.
Untuk informasi anda
Sekarang Anda tahu setidaknya sepuluh pertanyaan untuk ditanyakan. Pertanyaan-pertanyaan ini diberikan kepada Anda sebagai informasi dasar dan landasan untuk memulai. Sekarang saya ingin memberi Anda beberapa ide tentang apa yang masuk ke dalam rencana bisnis. Ini agar Anda tahu apa yang diharapkan dan setidaknya Anda dapat mencoba dan membuat draf sendiri. Ingat, yang terbaik adalah mendapatkan seorang profesional untuk melakukan ini untuk Anda, tetapi Anda masih perlu tahu apa yang masuk ke dalamnya sehingga Anda tahu apakah yang ditulis untuk Anda memiliki semua yang seharusnya.
Di bawah ini saya akan membuat daftar bagian yang berbeda dari rencana bisnis dan menjelaskan sedikit tentang setiap bagian. Semakin banyak Anda mengetahui tentang rencana bisnis, Anda akan semakin siap. Ingat, jika Anda ingin memulai bisnis tanpa pengalaman, di sinilah Anda dapat mempelajari banyak informasi yang Anda perlukan untuk memulai. Jadi mari kita maju terus.
Tidak semua rencana bisnis dibuat sama, tetapi Anda setidaknya memiliki informasi dasar untuk disertakan. Begitu Anda memulai rencana Anda, rencana itu akan berubah seiring waktu dan juga ingat; Anda tidak akan tahu semua yang perlu dimasukkan tentang mengapa saya menyarankan mendapatkan seorang profesional untuk membantunya. Di bawah ini adalah beberapa bagian yang ingin Anda masukkan.
Ringkasan bisnis plan
Ringkasan eksekutif akan memberi tahu orang yang membaca rencana tersebut apa yang Anda inginkan untuk bisnis Anda. Kesalahan besar yang sering dibuat adalah mengubur informasi ini di tempat lain dalam rencana. Ringkasan perlu menjelaskan hal-hal tertentu sejak awal sehingga Anda harus jelas dan ringkas di awal.
Buat ringkasan singkat dan seperti bisnis dan tidak lebih dari setengah halaman. Bergantung pada seberapa rumit atau detail yang Anda butuhkan tentang bagaimana Anda akan menggunakan dana Anda, ringkasannya mungkin sedikit lebih lama. Namun, sebagai pedoman umum, dan karena Anda baru memulai, Anda hanya perlu ringkasan Anda menjadi setengah halaman.
Ada beberapa elemen kunci lain yang perlu dimasukkan dalam rencana. Mereka adalah sebagai berikut: konsep bisnis, fitur keuangan, persyaratan keuangan, posisi bisnis saat ini, dan pencapaian utama. Ini bukanlah hal-hal yang akan terlalu saya fokuskan, tetapi hanya sesuatu yang perlu diingat.
Deskripsi bisnis
Jangan bingung dengan ringkasan eksekutif, biasanya Anda memulai bagian ini dengan deskripsi singkat tentang industri. Jadi ini tidak benar-benar dimulai hanya dengan bisnis Anda, melainkan bagaimana industri berperan dalam bisnis Anda.
Anda akan ingin mendeskripsikan industri dan mendiskusikan prospek dan kemungkinan masa depan dari apa yang akan terjadi. Ini semua dikumpulkan dari apa yang terjadi di masa lalu, jadi ini adalah prediksi tentang apa yang bisa terjadi atau paling mungkin terjadi karena tren bisnis. Juga, berikan informasi tentang berbagai pasar dalam industri.
Jadi yang ingin Anda bicarakan adalah produk dan perkembangan baru yang akan menguntungkan atau memengaruhi bisnis Anda secara positif. Pastikan untuk mendapatkan data paling andal untuk bagian ini dan selalu buat daftar sumber Anda. Saya akan berbicara lebih banyak tentang sumber nanti di artikel ini, karena itu penting, tetapi saya ingin fokusnya berada di bagian rencana yang berbeda terlebih dahulu.
Bagaimana Anda akan Untung
Alasan utama memiliki bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Semua pelaku bisnis perlu bertanya pada diri sendiri, "Bagaimana saya menghasilkan uang?" Ketika Anda mengajukan pertanyaan ini, itu akan membuka pikiran Anda dan membantu Anda menyadari berbagai cara untuk menghasilkan pendapatan. Anda tidak memerlukan bagian besar hanya tentang topik ini, tetapi Anda ingin menjelaskan faktor-faktor yang menurut Anda akan membuat Anda berhasil menghasilkan uang.
Sebelum mempresentasikan rencana bisnis, Anda ingin menjelaskan ekuitas dan hutang yang akan ditanggung bisnis dan juga menjelaskan bagaimana hal ini akan membantu membuat bisnis Anda lebih menguntungkan. Juga sertakan cara Anda ingin mengembangkan bisnis Anda atau membuatnya tumbuh dengan menggunakan ekuitas atau hutang. Sebagai seorang pemasar Internet, Anda mungkin tidak akan mengeluarkan banyak hutang atau apapun sama sekali. Itu hanya bergantung pada apa yang Anda butuhkan untuk memulai.
Mendefinisikan Strategi Pasar Anda
Strategi pemasaran didasarkan pada studi pasar yang menyeluruh. Ini akan membantu Anda menjadi sangat akrab dengan semua bagian pasar, termasuk pasar sasaran. Menentukan siapa target pasar Anda akan sangat penting sehingga Anda dapat memperoleh bagian dari penjualan.
Saat Anda menentukan strategi pasar, Anda perlu, pada titik tertentu, menentukan harga produk dan atau layanan Anda. Analisis pasar akan membantu Anda menentukan harga. Penting juga untuk mengetahui bagaimana Anda dibandingkan dengan pesaing Anda dan apakah Anda dapat mengalahkan mereka dalam penentuan harga atau tidak.
Proyeksi Pangsa Pasar
Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat Anda menjelaskan industri pilihan Anda, Anda ingin mendiskusikan prospek dan kemungkinan masa depan. Informasi ini akan dikumpulkan pada kejadian-kejadian yang lalu. Jadi proyeksi Anda didasarkan pada apa yang terjadi sebelumnya di industri ini.
Percaya atau tidak, proyeksi pangsa pasar Anda juga didasarkan pada persaingan serta strategi promosi Anda. Anda dapat melihat berapa banyak periklanan yang dilakukan, bagaimana hal itu dilakukan, dan juga meneliti berapa biaya yang akan Anda keluarkan untuk beriklan dengan cara yang sama. Anda selalu dapat menemukan berbagai cara untuk beriklan, tetapi Anda memerlukan tolok ukur untuk memulai.
Posisi Bisnis
Ketika berbicara tentang strategi pemasaran Anda, Anda akan menemukan bahwa tidak mungkin untuk tidak membicarakan posisi bisnis Anda. Apa yang memotivasi target Anda dan apa yang mereka butuhkan akan memengaruhi posisi perusahaan Anda di pasar. Sekali lagi, ada lebih banyak pertanyaan yang perlu ditanyakan dan dijawab untuk memahami hal ini dengan lebih baik.
Beberapa pertanyaan untuk ditanyakan adalah: bagaimana pesaing Anda memposisikan diri mereka sendiri? Atribut spesifik apa yang dimiliki produk dan layanan Anda yang tidak dimiliki pesaing? Kebutuhan apa yang dipenuhi produk Anda untuk pelanggan? Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar ini, Anda kemudian dapat mulai mengembangkan posisi bisnis Anda di pasar dan menuliskannya di rencana.
Penetapan harga
Saya telah menyentuh sedikit tentang harga sebelumnya, tetapi sekarang saya ingin memberi Anda lebih banyak detail tentang itu. Label harga yang Anda tempatkan pada barang Anda, baik itu produk atau jasa, akan secara langsung mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda. Strategi penetapan harga bisa sangat kompleks, namun aturannya sangat mendasar dan langsung.
Anda harus mampu menutupi biaya, menurunkan biaya akan menurunkan harga jual, dan harga harus mencerminkan perubahan di pasar dan menanggapi permintaan pasar Anda. Harga juga harus ditetapkan untuk membantu menjamin penjualan. Umur panjang produk, utilitas, dan pemeliharaan Anda harus ditinjau secara berkala dan menyesuaikan harganya sesuai dengan pasar.
Harga digunakan untuk menjaga agar pasar tetap teratur, jadi ini adalah strategi terakhir, namun tidak kalah pentingnya untuk diingat saat menentukan harga Anda. Anda tidak ingin hanya memberi label harga pada sesuatu karena Anda pikir orang akan membelinya karena nilainya. Anda harus bersaing dengan bisnis lain dan memainkan permainan secara strategis.
Distribusi
Bagian ini untuk Anda, terutama jika Anda menjual barang fisik. Karena ada banyak dari Anda di luar sana yang mungkin menjual barang di eBay atau situs web atau blog Anda sendiri, inilah mengapa saya perlu membicarakan bagian ini. Jadi apa sebenarnya distribusi itu? Ini adalah keseluruhan proses ketika suatu produk diproduksi hingga saat berada di tangan pengguna akhir - pelanggan. Ada berbagai saluran yang membentuk distribusi.
Memiliki distribusi produk yang kuat pasti membantu Anda mendapatkan keunggulan dalam pangsa pasar Anda. Semakin cepat produk dapat beralih dari produksi ke pelanggan, semakin baik. Pastikan produknya berkualitas karena Anda tidak ingin pelanggan terus-menerus mengembalikan barang.
Perencanaan Promosi
Semua jenis iklan termasuk dalam perencanaan promosi. Bagaimana Anda mendistribusikan komunikasi tentang bisnis Anda juga merupakan bagian darinya. Cara ini dirancang akan menghasilkan menarik orang yang tepat untuk berbisnis.
Beberapa hal lain yang mungkin tidak Anda sadari yang merupakan bagian dari mempromosikan bisnis Anda adalah bagaimana Anda mengemas produk Anda. Hubungan masyarakat juga tercakup di sini. Sebagian besar hal yang Anda ketahui adalah periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi. Setiap strategi berbeda dalam hal masing-masing, tetapi sangat penting dalam hasil akhir promosi.
Potensi Penjualan
Setelah menganalisis pasar secara menyeluruh, Anda perlu membuat keputusan menggunakan pandangan kuantitatif, yang menyangkut potensi bisnis Anda sendiri. Proyeksi awal dalam rencana Anda harus dibentuk berdasarkan posisi produk, harga, distribusi (untuk barang fisik), strategi penjualan, dan bagaimana pasar didefinisikan.
Analisis Persaingan
Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi siapa pesaing Anda. Kumpulkan daftar perusahaan yang menjual produk yang sama atau yang sangat mirip. Untuk bagian ini, Anda akan membuat pernyataan tentang strategi bisnis Anda dan bagaimana kaitannya dengan persaingan Anda. Tujuan utama bagian ini adalah untuk menunjukkan kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Mengetahui hal ini hanya akan membantu Anda memperbaiki kelemahan demi Anda sendiri.
Analisis SWOT
Analisis SWOT sangat penting untuk mengembangkan bisnis Anda dan terus menjalankannya hingga potensi penuh. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan apa itu, "S" berarti kekuatan, "W" untuk kelemahan, "O" untuk peluang, dan "T" untuk Ancaman. Anda tidak hanya perlu belajar tentang kekuatan dan kelemahan pesaing Anda seperti yang Anda lakukan dengan analisis kompetitif, tetapi Anda juga harus menyadari milik Anda sendiri.
Peluang dan ancaman lebih terkait langsung dengan persaingan Anda. Anda dapat melihatnya sebagai peluang yang Anda miliki di tengah-tengah semua persaingan dan hal apa dalam persaingan Anda yang dapat menjadi ancaman bagi tempat Anda sendiri di pasar.
Rencana Desain
Investor membutuhkan gambaran tentang desain produk perusahaan Anda dan juga perkembangannya. Di bagian tersebut, perlu ada grafik yang menunjukkan perkembangan produk atau layanan. Anda juga perlu memasukkan anggaran yang menunjukkan bagaimana perusahaan akan mencapai tujuan.
Tujuan Pengembangan Produk dan atau Layanan
Jika Anda menjual produk fisik, Anda perlu membuat daftar tujuan di sini. Anda juga dapat membuat daftar strategi yang terlibat untuk mencapai tujuan tertentu untuk bisnis jasa. Sasaran Anda harus berpusat pada aspek teknis dan pemasaran produk dan atau layanan Anda. Anda membutuhkan ini sebagai garis besar untuk mitra bisnis Anda, atau untuk diri Anda sendiri jika Anda adalah pemilik tunggal, sehingga Anda tahu bagaimana mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan Anda.
Anggaran
Anggaran sangat penting, karena Anda ingin memastikan Anda memiliki dana yang tersedia untuk berbisnis sejak awal. Anda juga ingin memiliki rencana saat Anda menghasilkan uang ke mana uang akan pergi untuk membantu bisnis Anda tumbuh dan untuk terus mengembangkan dan meningkatkannya.
Jika Anda mendesain produk, Anda perlu memperhitungkan semua biaya yang akan terlibat dalam pembuatan produk, membawanya ke produksi, dan membawanya ke pelanggan. Untuk layanan, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki uang untuk membuat rencana bisnis tertulis, peralatan apa yang mungkin Anda perlukan untuk membantu layanan Anda, dan jika Anda memerlukan bangunan batu bata dan mortir untuk memenuhi kebutuhan klien Anda .
Mengetahui bagaimana setiap dolar dibelanjakan sangatlah penting. Perencanaan yang tepat hanya dapat membantu bisnis Anda sementara perencanaan yang buruk sangat merusak. Saya telah belajar bahwa sekitar setengah dari semua bisnis yang dimulai akan gagal dalam tahun pertama mereka. Anda dapat membantu menghindari hal ini dengan penganggaran yang tepat.
Tugas beresiko
Resiko apa yang terlibat baik dalam memproduksi produk atau menawarkan jasa? Selama tahap pengembangan produk atau layanan Anda, akan ada beberapa risiko yang perlu Anda waspadai. Risiko yang terkait dengan pembuatan produk biasanya terjadi dengan pengembangan teknis produk. Untuk layanan, biasanya dalam strategi untuk merencanakan jenis layanan yang Anda tawarkan.
Laporan laba rugi
Ini adalah laporan yang sangat sederhana dan lugas, yang menunjukkan kemampuan menghasilkan uang dari bisnis Anda. Ini menunjukkan seberapa baik kinerja perusahaan Anda dalam spektrum keuangan dan merupakan gambaran keuangan tentang kapan penjualan dilakukan dan kapan pengeluaran terjadi. Ini juga membantu Anda merencanakan masa depan bisnis Anda dengan lebih baik.
Laporan laba rugi adalah laporan multiguna yang memberi Anda gambaran yang lebih besar tentang bagaimana bisnis Anda berjalan secara keseluruhan. Selalu gunakan ini sebagai panduan dari tahun ke tahun dan Anda akan mendapatkan gambaran tentang perubahan apa yang perlu dilakukan.
Bagian Lain
Ada bagian lain yang perlu ditulis dalam rencana bisnis. Tidak ada cara untuk membicarakan semuanya secara mendetail di sini. Saya hanya berbicara tentang beberapa bagian yang menurut saya sangat penting untuk memulai. Semua bagian dari rencana bisnis memainkan peran penting dalam keseluruhan perencanaan bisnis Anda dari awal hingga akhir.
Beberapa bagian lain yang tidak disebutkan di atas adalah sebagai berikut:
- Prosedur
- Penjadwalan dan Biaya
- Personil
- Operasi dan Manajemen
- Dan banyak lagi
Untuk mengetahui semua yang Anda butuhkan dalam rencana Anda, Anda harus berbicara dengan seorang profesional dan melakukan penelitian menyeluruh tentang itu. Anda mungkin tidak dapat menyertakan semua yang Anda inginkan, dan jenis bisnis yang berbeda memerlukan informasi yang berbeda untuk disertakan dalam rencana.
Sumber
Anda akan membutuhkan sumber yang dapat dipercaya untuk mendapatkan informasi untuk rencana bisnis Anda. Sumber terpercaya tidak termasuk blog atau artikel yang Anda temukan di direktori artikel. Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan beberapa informasi, tetapi Anda perlu meneliti lebih lanjut tentang apa yang mereka katakan kepada Anda. Anda tidak boleh mencantumkannya sebagai sumber rencana Anda.
Sumber lain yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan informasi dasar untuk bagian ini adalah Wikipedia, tetapi sebaiknya hanya digunakan sebagai dasar informasi. Di situs seperti itu, siapa pun dapat menambah dan mengedit informasi sehingga Anda tidak pernah yakin seberapa akuratnya, sehingga alasan untuk tidak mencantumkannya sebagai salah satu sumber Anda.
Sumber tepercaya adalah artikel yang ditinjau oleh rekan sejawat, informasi yang dikumpulkan dari jaringan dengan profesional bisnis lain, dan berkonsultasi dengan profesional yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis yang dapat menulis rencana Anda.
Daftar Tugas Untuk Memulai Bisnis Tanpa Pengalaman
Berikut adalah daftar periksa berbagai hal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis dalam sebuah kotak. Yang paling penting adalah rencana bisnis karena Anda perlu mengetahui apa yang masuk ke dalam produksi dan apa yang Anda butuhkan untuk menjalankan dan menjalankan layanan Anda.
Pertama, jawab sepuluh pertanyaan kunci berikut:
Bagaimana Anda memulai bisnis tanpa pengalaman?
Apa saja yang harus dilakukan untuk memulai?
Apa masalah hukum yang harus Anda ketahui untuk memulai?
Apa yang perlu Anda ketahui tentang audiens target Anda?
Bagaimana Anda berkomitmen pada solusi pasar bukan hanya ide kecil?
Bagaimana Anda memilih industri Anda dengan bijak?
Bagaimana Anda membangun kredibilitas jalanan?
Sumber daya gratis apa yang dapat Anda andalkan?
Kapan Anda tahu bahwa Anda perlu mencari bantuan dari luar?
Bagaimana Anda menggunakan kekuatan Anda?
Ingat juga, aspek terpenting untuk bisnis apa pun adalah direncanakan dan dipersiapkan dengan baik. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda adalah membuat rencana bisnis. Tanyakan pada diri Anda sendiri dan jawab pertanyaan-pertanyaan ini:
Bagaimana cara menulis rencana bisnis?
Apa saja bagian dari rencana tersebut?
Bagaimana setiap bagian akan membantu saya?
Apakah semua rencana bisnis dibuat sama?
Di mana saya bisa pergi untuk mendapatkan rencana yang dirancang untuk saya?
Apa lagi yang perlu saya ketahui?
Bersiaplah selalu karena itulah yang terpenting untuk memulai bisnis. Pikirkan tentang bagaimana Anda belajar memulai bisnis tanpa pengalaman dengan membaca artikel ini. Jika Anda membaca yang tersirat, semua informasi yang Anda butuhkan ada di luar sana. Saya baru saja mengumpulkan beberapa informasi bersama untuk membantu Anda memulai. Tidak ada yang akan terjadi secara instan dan semua yang